Ekonomi/Mata Pencaharian Desa Alas Rajah

 

Foto disaat membantu warga metelin kacang


Ekonomi merupakan suatau hal penting dalam kehidupan masyarakat karena merupakan ujung tobak dan keberlangsungan hidup masyarakat. Secara sederhana perekonomia masyarakat dapat dibagi menjadi beberapa golongan anatara lain :

Pertanian; kebanyakan warga masyarakat desa Alas Rajah adalah petani kedelai, jagung, padi, dan kacang. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat desa Alas Rajah sama seperti pada umumnya masyarakat madura yang kebanyakan bercocok tanam.

Foto saat kunjungan ke pemilik UMKM tusuk sate, Lajing Timur


Industri; industri yang berkembang di desa Alas Rajah ini beragam antara lain pembuat tusuk sate, krupuk, industri mebel, dan produksi tahu. Untuk industri tusuk sate cukup banyak biasanya pengerjaannya dilakukan oleh ibu-ibu/bapak-bapak untuk mengisi waktu senggang mereka, umumnya pekerjaan membuat tusuk sate hanya dibuat pekerjaan sampingan karena masyarakat disini hanya membuat setengah hari atau bahkan kurang. Masyarakat hanya mengisi waktu luang sepulang dari sawah untuk bertani. Untuk industri mebel umumnya memproduksi berbagai bentuk misalnya, lemari ukir, kursi, meja, dll. Kesulitan yang dihadapi lebih ke bagaimana memasarkannya karena lokasi desa yang berada dipedalaman dan jauh dari jalan utama. Produksinya hanya sebatas pesanan yang ada, untuk peralatan yang dipakai sudah milik sendiri. Untuk produksi tahu kata masyarakat sekitar sudah mulai jarang dilakukan karena kurangnya SDM yang memadai.

Foto mesin penajam tusuk sate, Lajing Timur

Status sosial; status sosial merupakan kedudukan seseorang dalam suatu kelompok masyarakat yang dapat dinilai dari beberapa indikator antara lain pendapatan, pendidikan, dan tingkat buta aksara. Melihat dari pekerjaan umum masyarakat disini yang mayoritas petani untuk pendapatan rata-rata tidak dapat ditaksir namun mayoritas pendapatan masyarakat kurang lebih  dibawah Rp. 500.000,-. Hal ini karena dipengaruhi tingkat pendidikan masyarakat yang juga rendah sehingga yang mempunyai pekerjaan sebagai PNS hanya beberapa saja. Umumnya pendidikan terakhir masyarakat hanya tamat SD/SMP saja karena setelah lulus kebanyakan merantau atau menikah.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts