Sosialisasi Dan Pengolahan Hasil Kedelai Disambut Baik Oleh Masyarakat



Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kembali mengarahkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) secara langsung (offline) dengan mengusung tema “Optimalisasi Potensi Lokal Menuju Kemandirian Desa” Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan sebagai bentuk nyata dari salah satu tridarma perguruan tinggi.

Kegiatan KKN ini salah satunya dilakukan oleh KKN-T kelompok 39 di Desa Alas Rajah Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan. Salah satu program kerja yang di laksanakan oleh kelompok KKN-T 39 adalah kegiatan sosialisai dan demo produk UMKM pengolahan hasil pertanian lokal berupa kedelai menjadi tahu krispi dan susu kedelai, Minggu (07/01/2023).

Pembuatan produk UMKM tersebut didasari oleh banyaknya kedelai hasil pertanian masyarakat di Desa Alas Rajah setiap tahunnya, hal tersebut sangat disayangkan karena potensi hasil pertanian dari desa tersebut sangat banyak dan masih belum optimal dalam segi pengolahannya, serta seringkali kedelai tersebut hanya dijual di pasar dengan harga jual yang relatif rendah.

Fahmi Dawami, salah satu anggota KKN-T Kelompok 39 menyampaikan “Sosialisasi ini merupakan salah satu solusi untuk masyarakat desa yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai potensi dari pertanian kedelai yang dapat diolah menjadi produk makanan menarik, enak, dan diminati banyak kalangan masyarakat” Ungkapnya.

Menurutnya pembuatan produk ini juga dapat menambah nilai jual kedelai serta mampu menambah produktivitas masyarakat desa agar membantu perekonomian masyarakat desa Alas Rajah secara mandiri.

Selain itu, dengan adanya sosialisasi dan demo produk dari hasil pertanian kedelai dikalangan masyarakat, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat tentang potensi lokal dan manfaat pengolahan hasil pertanian yang ada.



Sosialisasi ini dilakukan dalam bentuk praktek langsung bersama warga dari kalangan Ibu-Ibu/Bapak-Bapak dan pemuda-pemudi di desa Alas Rajah, Blega, Bangkalan. Dalam kegiatan ini juga masyarakat yang hadir dapat merasakan langsung hasil dari pembuatan kripik tahu dan susu kedelai dari hasil olahan mahasiswa KKN.

Ibu Luluk, yang merupakan salah satu peserta yang hadir merasa sangat senang dan bahagia dengan ilmu baru yang disampaikan oleh mahasiswa KKN-T 39 UTM.

“Terimakasih sudah mengadakan sosialisasi dan demo produk dari hasil pertanian, sehingga masyarakat di desa Alas Rajah ini sedikit banyak tahu tentang pengolahan pangan dari kedelai yang mudah diterapkan, dan semoga kedepannya masyarakat desa Alas Rajah bisa menerapkan pembuatan produk ini dalam kehidupan sehari-hari ” ujar Ibu Luluk.

Terlihat seluruh peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan pembuatan produk UMKM tersebut. (Juhri)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts