Keagamaan di Desa Alas Rajah

 

Foto saat rutinitas mengji di musholla/langgar


Kehidupan didesa Alas Rajah sangat tidak beragam khususnya di bidang keagamaan karena memang mayoritas penduduk Alas Rajah memeluk agama Islam sehingga pergesekan sesama penganut tidak terlalu besar.

            Islam sebagai agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Alas Rajah juga memiliki berbagai jenis kebudayaan yang diwariskan oleh para leluhur dan ulama terdahulu hingga saat ini kebudayaan tersebut tetap di pertahankan oleh penduduk desa Alas Rajah.

            Adapun kebudayaan tersebut antara lain:

1. Berzanji

            Kegiatan ini dilaksanakan oleh penduduk desa baik tua maupun desa, yakni membaca kitab dan Berzanji yang dilakukan setiap malam sein dan malam jumat yang dilaksanakan di musholla atau masjid

2. Tahlilan dan Yasinan

            Kegiatan tahlilan ini dilakukan oleh bapak-bapak seminggu sekali setiap malam jumat setalah sholat magrib yang berisi pembacaan kalimat thayiibah yang ditujukan pada arwah leluhur atau sanak famili yang meninggal dunia.

            Selain dilaksanakan rutin seminggu sekali kegiatan ini juga dilaksanakan pada saat seorang warga mempunyai hajatan baik, hajatan kematian , pernikaha, khitanan, syukuran dll.

3. Pasaan

            Serangkaian kegiatan oleh masyarat yang dilakukan pada saat menjalang datangnya bulan suci Ramdhan yakni serangkaian acara bersih-bersih area pemakaman kemudian dilanjutkan dengan berziarah kemakam para leluhur dan sanak famili yang sudah meninggal.

Dan masih banyak rangkaian tradisi-tradisi seperti diatas yang tetap dipertahankan oleh penduduk desa Alas Rajah guna melestarikan warisan leluhur dan para ulama terdahulu.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts