Adat Unik Desa Alasrajah




Adat Unik Desa Alas Rajah
Adat adalah suatu kebiasaan yang diturunkan secara turun-temurun dari sesepuh/leluhur. Adat suatu daerah tidak dapat dipisah dari daerah tersebut. Ketika suatu adat akan dihilangkan maka akan terdapat banyak tantangan dari berbagai pihak.
Salah satunya adat yang ada di Desa Alas Rajah yang sampai sekarang masih dipertahankan  yaitu ziarah ke makam leluhur/sesepuh desa, biasanya dilaksanakan pada hari kamis sore atau malam jum’at. Ziarah ini dilakukan rutin bertujuan agar generasi muda tidak lupa kepada leluhur desa serta sebagai bentuk hormat kepada leluhur desa. Kebanyakan pendatang ziarah adalah warga masyarakat dan pemuda desa Alas Rajah. Makam leluhur yang biasanya dikunjungi warga masyarakat dan pemuda desa adalah makam bujhuk. Terdapat 5 bujhuk yang ada di desa Alas Rajah yaitu Bujhuk Lajhing, Bujhuk Toronan, Bujhuk Konyik, dan Bujhuk Amir. Bujhuk-Bujhuk ini merupakan sesepuh desa yang sangat dihormati oleh warga desa Alas Rajah.
Selain ziarah kemakam, desa Alas rajah juga terdapat budaya Yasinan yang biasanya dilakukan pada malam jum’at. Budaya Yasinan ini dilakukan dirumah warga desa secara bergantian setiap malam jum’at.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts