Profil SDN Alas Rajah 2




PROFIL SEKOLAH DASAR NEGERI ALAS RAJAH 2

SDN Alas Rajah 2 terletak di dusun Lajhing Barat, desa Alas Rajah  Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. SDN Alas Rajah 2 terdiri dari 6 ruang kelas dan 1 ruang guru. Jumlah guru dari sekolah ini yaitu 7 orang, namun terdapat 2 guru yang sedang PKG. Banyak hambatan di SD ini yaitu jam belajar yang singkat, dimana jam belajar hanya 1 jam setelah itu siswa akan pulang. Siswa masuk jam 8 pulang jam 11. Namun pada realnya jam  8.30 WIB siswa baru masuk. Jadwal dan jam masuk sekolah yang kurang efektif membuat guru kewalahan. Terkadang siswa sebelum tiba jam pulang sekolah, siswa  akan pulang dengan sendirinya. Kondisi masyarakat yang masih kental dengan budaya dan kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan terhadap anak usia dini membuat siswa kurang dalam mendapatkan pelajaran.
 Dilihat dari segi SDM tenaga kerja guru, sekolah ini membutuhkan tenaga pengajar. Tenaga pengajar yang minim membuat guru mengajar 2 kelas dalam waktu yang bersamaan. Ketika guru tidak masuk maka siswa yang hanya mendapatkan satu mata pelajaran. Namun tidak menutup kemungkinan siswa sehari tidak mendapat pelajaran. Jadwal mata pelajaran siswa yang tidak diatur juga menjadi kendala siswa dalam belajar. Jadwal pelajaran yang hanya 2 mata pelajaran dan banyaknya waktu menganggur siswa dalam kelas juga menjadi kendala.
Selain itu, keluarga siswa juga menjadi penghambat dalam belajar siswa, dimana kurangnya dorongan dan motivasi dari orang tua. Jika ada orang tua yang mempunyai kepentingan terhadap anaknya, maka orang tua/wali siswa akan menjemput siswa sebelum jam pulang sekolah dan pihak guru tidak dapat menolak izin dari wali siswa tersebut. Rata-rata dari setiap sekolah di desa Alas Rajah memiliki kendala yang sama yaitu budaya masyarakat dan kurangnya kesadaran terhadap dunia pendidikan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts