Puding Jagung Madura Sehat Ala KKN 39



Puding Jagung Madura Sehat Ala KKN 39
            Jagung adalah salah satu tanaman penting di pulau Madura selain padi, tembakau, kacang-kacangan dan lainnya. Jagung Madura mempuyai perbedaan dengan jagung Jawa, rasa jagung Madura lebih manis tapi bentuknya mungil. Banyak sekali manfaat dari jagung bagi kesehatan, antara lain baik untuk pencernaan, mencegah anemia, sumber energy, menurunkan kolestrol LDL, cegah diabetes dan hipertensi, dan masih banyak lagi.
Di sini KKN 39 ingin memperkenalkan olahan baru dari jagung untuk masyarakat Alas Rajah yang notabennya petani jagung. Biasanya masyarakat disini hanya mengolah jagung menjadi jagung rebus atau pengganti nasi saja. KKN 39 mencoba mengkreasikan jagung menjadi pudding jagung. Bukan hanya cara pembuatanya gampang, tapi juga menyehatkan dan juga bisa dikonsumsi dari kalangan balita hingga lanjut usia. Kalian juga bisa mencobanya lho, yuk intip cara membuatnya.
Bahan-bahan:
·         Jagung manis 2 buah, bersihkan dari kulit dan rambutnya kemudian sisir dan sisihkan
·         Santan kelapa 800 ml
·         Gula pasir sesuai selera
·         Tepung maizena 3 sdm, larutkan menggunakan air. Sisihkan
·         Garam 1 sdt
·         Agar-agar bubuk 1 bungkus, merk apa saja
Langkah-langkah pembuatan:
·         Ulek semua jagung yang telah disisir sampai halus, lalu campur dengan santan
·         Siapkan wadah ukuran sedang. Masukkan agar-agar bubuk ke dalam panci, tambahkan gula pasir, garam, dan jagung yang telah diulek dengan santan tadi. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur semua.
·         Masaklah pudding hingga matang, jangan lupa untuk terus mengaduk secara perlahan-lahan. Masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air. Masak kembali kurang lebih lebih 4 menit ambil diaduk pelan-pelan.
·         Siapkan wadah untuk menuang pudding. Tunggu beberapa saat hingga pudding agak dingin dan uap panasnya hilang. Masukkan kedalam lemari es.
·         Pudding jagung siap untuk dinikmati.
Mudahkan cara membuatnya, yuk silahkan dicoba.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts