Produk Unggulan Alas Rajah





            Produk unggulan desa menjadikan suatu tujuan kuat kelompok KKN 39 Universitas Trunojoyo Madura dalam memajukan Desa Alas Rajah. Banyak produk baru yang ditemukan dari hasil pertanian warga yang ada di Alas Rajah diantaranya adalah kedelai, jagung, pisang, dan tusuk sate. KKN 39 mencoba mengkreasikan 3 bahan tersebut sebagai produk unggulan di Desa Alas Rajah. Yang pertama kedelai, Alas Rajah menjadi penghasil kedelai terbesar di Blega. KKN 39 mencoba mengolah kedelai sebagai pengganti kopi yang non cafein yang dapat disebut kopi kedelai. Kopi kedelai ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan diantaranya dipercaya dapat mengatasi diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, menjaga berat badan, dan masih banyak lagi. Cara pengolahanya juga cukup mudah hampir sama seperti mengolah bubuk kopi.
            Produk yang kedua yakni jagung, disini jagung dimanfaatkan sarinya untuk pembuatan pudding jagung. Jagung juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya baik untuk pencernaan, mencegah anemia,sumber energi, tulang kuat, dan masih banyak lagi. Pembuatanya pun cukup mudah seperti membuat puding biasa, hanya ditambah dengan sari jagung.
            Produk yang ketiga yakni pisang, pisang diolah menjadi pisang geprek yang sangat lezat, caranya pun cukup mudah seperti mengolah pisang goreng hanya saja ditambahkan dengan tepung terigu dan tepung panir. Produk yang keempat yakni tusuk sate, disini banyak tumbuhan bambu sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tusuk sate. KKN 39 menambahkan label di tusuk sate sehingga lebih terlihat bernilai guna dan sama dipasaran. Dari 4 produk tersebut KKN 39 berharap warga Desa Alas Rajah bisa mengembangkan produk tersebut agar dapat mengurangi jumlah pengangguran di desa Alas Rajah.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts