Kopi Kedelai, Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Atasi Diabetes. Enak kah?



 Kopi Kedelai, Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Atasi Diabetes. Enak kah?
            Kopi merupakan jenis minuman yang banyak digemari banyak orang, baik dari kalangan anak muda hingga dewasa sampai orang tua. Minuman kopi yang sedap sungguh sangat cocok dinikmati saat kapan pun, apalagi saat musim hujan seperti ini. Minum kopi seakan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia mulai dari dulu hingga saat ini. Sudah tak heran lagi, tradisi ngopi ini telah mengakar bagi masyarakat mulai dari golongan menengah bawah sampai ekonomi menengah atas. Semua lpisan masyarakat memang rami yang kecanduan kopi, jadi seperti ada yang aneh kalau melewatkan waktu untuk menikmati kopi.
            Kopi sendiri merupakan tipe minuman yang diciptakan dari pengolahan biji kopi. Biji kopi dihasilkan dari pohon kopi yang sudah siap dan tua yang kemudian dikupas serta dikeringkan dulu. Negara Indonesia merupakan negara penghasil kopi dengan jumlah sangat banyak di dunia. Maka tak heran kopi dari Indonesia sudah tersebar dibeberapa negara.
            Dari sisi lain mengkonsumsi kopi yang berkafein dalam jangka panjang dapat menimbulkan dampak negative untuk kesehatan. Maka dari itu KKN 39 mencoba mengkreasikan kopi non kafein berbahan kacang kedelai yang aman dikonsumsi. Kenapa harus kedelai? Karena di desa Alas Rajah juga penghasil kedelai, mayarakat belum bisa mengolah kedelai menjadi bahan yang awet dan tahan lama. Kedelai juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung dan memberi efek baik untuk diabetes. Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolestrol LDL serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Sedangkan protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes.
            Pembuatan kopi kedelai sangatlah mudah, tidak berbeda dengan pembuatan kopi. Pembuatan kopi kedelai dimulai dengan pemilihan/sortasi biji kedelai, pembersihan dan pengupasan yang dilanjutkan dengan penyangraian. Setelah disangrai kemudian digiling kemudian disaring dengan ayakan. Begitupun dengan cara penyajiannya, tuangkan 2 sdm bubuk kopi kedelai kedalam cangkir, bisa ditambahkan jahe, tambah gula secukupnya lalu tuangkan air panas ke dalam cangkir, lalu seduh. Mudah bukan? Kopi kedelai juga mempunyai rasa yang sangat khas. Bagi orang yang punya penyakit dan tidak boleh banyak meminum kopi yang mengandung kafein tidak perlu takut meminum kopi lagi. Ayo saatnya move on ke kopi yang lebih sehat non kafein dengan mengkonsumsi kopi kedelai.
           
           

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Instagram

Recent Posts